Jumat, 18 Mei 2012

PANGKAS PERUT BUNCIT

Jakarta, Waktu yang dibutuhkan untuk mengecilkan perut buncit tidak selalu sama, ada yang sebulan sudah berhasil tetapi ada juga yang sudah diet berbulan-bulan tidak menampakkan kemajuan. Idealnya, mengecilkan perut butuh waktu berapa lama?

"Dengan disertai diet, ukuran perut seharusnya berkurang 2-3 cm dalam waktu 1 bulan. Olahraganya harus teratur tapi tidak boleh terus menerus, ya paling tidak seminggu sekali sudah cukup," kata Dr Michael Triangto, SpKO dari RS Mitra Kemayoran saat dihubungi detikHealth, Rabu (16/5/2012).

Apabila dalam waktu 1 bulan sama sekali tidak tampak ada kemajuan, maka ada beberapa kemungkinan pemicu kegagalan. Kemungkinan pertama adalah olahraganya salah atau tidak teratur, lalu kemungkinan lainnya adalah dietnya kurang terprogram dengan benar.

Seperti dijelaskan dalam artikel sebelumnya, olahraga yang benar untuk mengecilkan perut idealnya dimulai dengan latihan kardio agar terjadi pembakaran lemak. Jika timbunan lemaknya mulai berkurang, maka otot perut yang kendur baru bisa dikencangkan dengan latihan beban.

Sedangkan untuk diet, pada prinsipnya asupan kalori harus seimbang dengan jumlah energi yang dikeluarkan. Asupan kalori bisa dibatasi dengan menghindari gula atau karbohidrat sederhana, sedangkan pembakaran energi bisa ditingkatkan dengan cara olahraga teratur.

Meski dalam 1 bulan sudah bisa dilihat hasilnya, Dr Triangto mengingatkan bahwa ukuran perut tidak akan selalu menyusut dengan pola diet dan olahraga yang itu-itu saja. Biasanya dalam waktu 2-3 bulan, kemajuan yang tampak akan semakin sedikit sehingga perlu dilakukan modifikasi seperlunya.

Dr Triangto menambahkan, perut dikatakan buncit jika ukurannya melebihi 80 cm pada perempuan dan melebihi 90 cm pada laki-laki. Bukan hanya mempengaruhi penampilan, ukuran perut yang buncit juga menunjukkan adanya risiko untuk mengalami masalah jantung dan pembuluh darah.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews

Poll

Pages - Menu

Pengikut

Search